Rabu, 03 September 2014

LAPORAN PENDAHULUAN PRAKTIKUM

PENGERTIAN ANIMASI

Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.

Apabila kita perhatikan penjelasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur gerak.

Atau juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN ANIMASI PANTULAN BOLA MENGGUNAKAN "2D PENCIL"

1. buka aplikasi 2D pencil
2. setelah terbuka, mulai gambar bentuk bulat menyerupai bola, usahakan gambarnya sedikit keatas untuk memberi ruang pantulan
3. tambah keyframe dengan menekan tombol (+) yang berada di kiri atas timeline 
4. gambar bulatan berikutnya dengan posisi sedikit kebawah dari posisi awal
5. untuk mengetahui posisi semula, aktifkan fungsi "onion skin" yang berada pada panel sebelah kanan atas timeline
6. ulangi kegiatan 3 dan 4 hingga posisi gambar berada cukup dibawah
7. periksa hasil animasi tersebut dengan menekan tombol "play" yang berada di panel timeline
8. untuk mempersingkat waktu saat pembuatan gerakan bola memantul keatas, cukup copy keyframe dengan menekan tombol copy "+" yang berada di urutan ketiga setelah tombbol add keyframe
9. copy dari belakang keyframe untuk menimbulkan kesan reverse
10. periksa animasi dengan menekan tombol play dan nyalakan tombol loop untuk mengaktifkan fungsi gerak ulang

CONTOH HASIL ANIMASI

REFRENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar