Senin, 10 November 2014

PRAKTIKUM 7 CHARACTER THINKING

CHARACTER THINKING

TUJUAN


  • Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan dasar-dasar animasi 2D.
  • Mahasiswa terbiasa membuat animasi 2D.
  • Mahasiswa mampu membuat animasi seperti orang berjalan.

 ALAT DAN BAHAN

 
  • Computer/PC
  • Wacom Intuos3
  • Pensil 2D

DASAR TEORI


ANTICAPATION  

Anticipation adalah persiapan sebelum aksi, yang diikuti oleh sebuah aksi kemudian penyelesaian aksi tersebut. Hal ini dapat membangkitkan ketegangan atau kelucuan pada suatu aksi tertentu. Bagaimana antisipasi ini digunakan tergantung pada banyaknya aksi yang akan digunakan.

Seorang penari tidak hanya melangkah di lantai. Gerakan ke belakang akan dilakukan sebelum gerakan melangkah ke depan. Gerakan belakang itulah yang disebut gerak awalan/anticipation. Hampir semua gerakan nyata menggunakan gerak ini. Misalnya, awalan untuk lari, melompat atau perubahan ekspresi.




Dalam hal ini tokoh kartun dibuat agar tampak realistis bahwa sebelum bergerak sang tokoh harus bersiapsiap terlebih dahulu. Kartun-kartun klasik seperti popeye the sailor sering kali melakukan hal ini sebelum sang tokoh berlari.

Gerakan antisipasi bertujuan agar penonton memahami apa yang akan terjadi berikutnya, jadi tidak langsung membuat orang tersebut misalnya tercebur ke kolam renang atau jatuh terpeleset atau meninju orang tanpa penonton tau apa penyebabnya. Ini yang kadang dilupakan oleh orang-orang jadi seakan-akan penonton telah memahami jalan pikiran sang animator, sehingga film yang dilakukan tanpa adanya anticipation terdapat banyak keganjilan dan keanehan karena sang animator tidak begitu memahami akan prinsip ini.

TIMING

Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, dengan menggerakan animasi dengan waktu yang sesuai dan tepat tetapi perhitungan waktu itu memerlukan perhitungan yang cukup matang agar pergerakan tidak terlalu terlambat dan tidak terlalu cepat.


SPACING


Spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. Apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat. Berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi. 
 
ARCS

Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya. Pada kasus bouncing ball across screen, lintasannya akan membentuk lengkungan sebagai berikut




Arcs of bouncing ball across screen (www.angryanimator.com)

POSE TO POSE 

Pose to Pose merupakan metode pembuatan animasi yang lebih terencana dan terpeta dengan kunci gambar pada interval tertentu, dari suatu pose ke pose selanjutnya, karenanya disebut ‘pose to pose’ animation.

Ukuran, volume, dan proporsi akan lebih mudah diatur dengan teknik ini, dalam suatu aksi. ‘Key poses’, ‘key drawings’ atau hanya disebut ‘key’ adalah kerangka acuan yang digunakan untuk menandai suatu posisi ekstrim karakter dalam animasi atau obyek, menggambarkan titik lintasan gerakan, atau tekanan ekspresi serta suasana tertentu.

Memungkinkan seorang animator merencanakan dan memetakan aksi dengan ‘menandai tempat’ dan memetakanya pada ‘exposure sheets’ atau ‘dope sheets’ (lembar keterangan), bisa juga pada timeline pada komputer. Teknik ‘key pose’ ini bisa digunakan pada animasi 2D maupun 3D.

SOLID DRAWING

Solid drawing adalah gerakan animasi dengan memandang animasi sekalipun 2d memiliki unsur tiga dimensi dalam hal ini perlu diperhatikan sekali seperti pencahayaan untuk membentuk suatu gradasi gelap terang suatu tokoh agar tidak terlihat kaku dan tampak 3d. 

LANGKAH PERCOBAAN

1. Buka software Pencil 2D
2. Gambar ikon yang akan diinginkan dengan ekspresi seperti orang yang sedang berfikir

3. Setelah selesai loop dan play
5. Jangan lupa simpan percobaan ini dengan klik file pilih save.

HASIL PERCOBAAN




REFRENSI 

http://misscaptainalex.wordpress.com/animation/51-animation-exercises/http://anazdesign.wordpress.com/2012/10/22/prinsip-prinsip-animasi/
http://animationforus.weebly.com/pengertian-12-prinsip-animasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar