Kamis, 11 Juni 2015

Praktikum 13 - Bouncing Ball Simulasi Blender Rigid Body

1. Tujuan

Membuat simulasi blender rigid body untuk animasi bouncing ball

2. Alat

Blender 2.7+

3. Kegiatan Praktikum

Lakukanlah langkah-langkah praktikum berikut ini:
  1. Buatlah object bola.
  2. Kemudian buatlah object plane untuk lantai
  3. Pilih object bola kemudian pada Rigid body pilih active untuk menggerakkan bola agar bola tidak bergerak kemana-mana atau tetap berada pada satu garis lurus pilih shpere pada rigid body collision
  4. Pada rigid body dynamic aturlah translation damping agar bola bergerak lambat seiring berjalannya waktu.
  5. Aturlah speed pada rigid body world untuk mengatur kecepatan memantulnya bola
  6. Pilih object plane kemudian pada Rigid body pilih passive agar lantai tidak bergerak.

4. Hasil Praktikum 


kesimpulan
untuk mengatuur jatuhnya object agar terlihat real, bayangkan dulu object tersebut berbahan dasar apa, misal karet, logam, kayu dsb, lalu atur berat benda dan tingkat pantulan agar object mendekati simulasi aslinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar