Tujuan
Mengenal navigasi dalam
blender.
Mahasiswa diharapkan mampu memanipulasi tampilan objek 3D pada aplikasi
Blender.
Alat
Blender minimal versi
2.72
Bahan
Mike Pan’s BMW
Dasar
Teori Navigasi dalam Blender
Sebelum melakukan
produksi menggunakan sebuah software, perlu diketahui beberapa
perintah-perintah dasar to ‘get around inside the software’. perlu diketahui
perintah-perintah dasar sekitar melihat-lihat objek 3d.
Beberapa perintah yang
terkait navigasi
– Orbit
– Pan
– Zoom
– Zoom to object
– Camera Perspective
Secara umum, terdapat
lebih dari satu cara untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang disebutkan di atas.
minimal ada pendekatan keyboard (keyboard shortcut) dan pendekatan mouse.
Pendekatan mouse sendiri dibagi menjadi mouse dengan klik tengah dan mouse
tanpa klik tengah.
Navigasi
Berikut adalah beberapa perintah di blender
yang bisa digunakan.
1. Orbit (memutar view)
Klik tengah + mouse move
2. Pan (geser kanan kiri)
Klik tengah + shift + mouse move
3. Zoom
Mouse scroll
Perintah tersebut bisa dilakukan untuk mouse yang memiliki middle button. Untuk
mouse tanpa middle button, perlu mengaktifkan emulate 3 button yang terdapat
pada menu File -> User Preferences pada
tabInput seperti gambar berikut
Emulate 3 Button Mouse
Setelah emulate 3 button
diaktifkan, beberapa perintah berikut dapat digunakan
1. Orbit
Alt + Ctrl + Klik kiri + mouse move
2. Pan
Alt + Shift + Klik kiri + mouse move
3. Zoom
Alt + Ctrl + Klik kiri + mouse move
Petunjuk
Praktikum
1. Download
file Mike pans’s BMW
2. Buka
aplikasi blender
3. Pilih
menu File -> Open pada bagian pojok kiri atas dari
blender.
Menu File->Open
4. Pada tampilan File Explorer, pilih file “Mike
Pan’s BMW” yang sudah didownload sebelumnya.
Tampilan
File Browser
5. Pastikan tampilan blender-nya sebagai berikut
Tampilan
Setelah Loading File
Hasil
Praktikum
1. Mengganti viewport
dari camera perspektif menjadi user perspektif
mengganti
viewport bisa melalui 2 cara, yaitu dengan memilih navigasi "view"
pada kiri bawah interface lalu pilih "camera", atau dengan cara
menekan angka "0" pada keyboard
2. Melakukan zoom in dan
zoom out
3. Melakukan
pan left dan pan right
Melakukan
orbit
pan left dan pent right dengan cara menekan dan tahan "shift" + klik tengak mouse + mouse move
orbit dengan cara klik tengah mouse + mouse move
Referensi
Tujuan
Mengenal navigasi dalam
blender.
Mahasiswa diharapkan mampu memanipulasi tampilan objek 3D pada aplikasi
Blender.
Alat
Blender minimal versi
2.72
Bahan
Mike Pan’s BMW
Dasar
Teori Navigasi dalam Blender
Sebelum melakukan
produksi menggunakan sebuah software, perlu diketahui beberapa
perintah-perintah dasar to ‘get around inside the software’. perlu diketahui
perintah-perintah dasar sekitar melihat-lihat objek 3d.
Beberapa perintah yang
terkait navigasi
– Orbit
– Pan
– Zoom
– Zoom to object
– Camera Perspective
Secara umum, terdapat
lebih dari satu cara untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang disebutkan di atas.
minimal ada pendekatan keyboard (keyboard shortcut) dan pendekatan mouse.
Pendekatan mouse sendiri dibagi menjadi mouse dengan klik tengah dan mouse
tanpa klik tengah.
Navigasi
Berikut adalah beberapa perintah di blender
yang bisa digunakan.
1. Orbit (memutar view)
Klik tengah + mouse move
2. Pan (geser kanan kiri)
Klik tengah + shift + mouse move
3. Zoom
Mouse scroll
Perintah tersebut bisa dilakukan untuk mouse yang memiliki middle button. Untuk
mouse tanpa middle button, perlu mengaktifkan emulate 3 button yang terdapat
pada menu File -> User Preferences pada
tabInput seperti gambar berikut
Emulate 3 Button Mouse
Setelah emulate 3 button
diaktifkan, beberapa perintah berikut dapat digunakan
1. Orbit
Alt + Ctrl + Klik kiri + mouse move
2. Pan
Alt + Shift + Klik kiri + mouse move
3. Zoom
Alt + Ctrl + Klik kiri + mouse move
Petunjuk
Praktikum
1. Download
file Mike pans’s BMW
2. Buka
aplikasi blender
3. Pilih
menu File -> Open pada bagian pojok kiri atas dari
blender.
Menu File->Open
4. Pada tampilan File Explorer, pilih file “Mike
Pan’s BMW” yang sudah didownload sebelumnya.
Tampilan
File Browser
5. Pastikan tampilan blender-nya sebagai berikut
Tampilan
Setelah Loading File
Hasil
Praktikum
1. Mengganti viewport
dari camera perspektif menjadi user perspektif
mengganti
viewport bisa melalui 2 cara, yaitu dengan memilih navigasi "view"
pada kiri bawah interface lalu pilih "camera", atau dengan cara
menekan angka "0" pada keyboard
2. Melakukan zoom in dan
zoom out
3. Melakukan
pan left dan pan right
Melakukan
orbit
pan left dan pent right dengan cara menekan dan tahan "shift" + klik tengak mouse + mouse move
orbit dengan cara klik tengah mouse + mouse move
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar